PERGILIRAN TANAMAN

July 14, 2009 at 4:46 am 5 comments

Bila musim kemarau tiba … saat nya petani untuk melakukan pergiliran tanaman .  Mulai dengan menanam jagung, menanam kedelai juga kacang panjang…..ada juga yang melakukan pola padi, jagung dan tembakau.

Pergiliran tanaman di fungsikan agar petani tetap produktif bercocok tanam meski pasokan air ber kurang … sehingga dilakukan penanaman selain padi seperti contoh yang telah disebutkan diatas…. Selain itu juga bisa mulai menanam mentimun, melon, kacang tanah, cabe  dan bawang serta masih banyak lagi tergantung dengan keadaan daerah masing-masing.

Di luar persoalan antisipasi krisis air, pergiliran tanaman sesungguhnya mempunyai fungsi penting yaitu untuk memutus siklus perkembang biakan hama dan penyakit tanaman selain itu untuk menekan terjadinya erosi dan mencegah terkurasnya unsur hara dari dalam tanah.

Pergiliran tanaman diperlukan juga untuk mempertahankan dan memperbaiki sifat-sifat fisik dan kesuburan tanah.  Ini terjadi bila sisa tanaman dijadikan kompos atau mulsa yang dibenamkan dalam tanah.  Hal ini akan mempertinggi kemampuan tanah dalam menahan dan menyerap air,  mempertinggi stabilitas dan kapasitas daya serap tanah.

Jika tanaman yang dipergilirkan adalah tanaman leguminosa (kacang-kacangan) ini akan menambah kandungan Nitrogen (N) tanah yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan vegetatif tanaman.  Juga akan menjaga keseimbangan unsur hara karena adanya serapan unsur dari kedalaman yang berbeda.

Nah …kalau melihat kegunaan ini semua …maka pergiliran tanaman memang sangat disarankan …agar para petani pun tetap produktif dan terus bisa memetik hasil bercocok tanamnya meski musim kering.  Jadikan  musim kering sebagai peluang bukan ancaman ….

Entry filed under: 1. Tags: .

TRICHODERMA SEBAGAI DECOMPOSER MANFAAT PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK

5 Comments Add your own

  • 1. pupuk-ajaib  |  August 15, 2009 at 4:32 pm

    article yg bagus…

    Reply
  • 2. luki2blog  |  August 16, 2009 at 1:16 am

    terima kasih sudah mampir di web blog saya…. semoga bermanfaat.

    Reply
  • 3. Drs. H. Sadri  |  August 24, 2011 at 5:02 am

    Ibu Dewi Yth. Dimana saya dapat membeli Pupuk Organik BSA, dan berapa harganya ? Apakah di Wilayah III Cirebon sudah ada Agen? Saya ingin menjadi Agen Pemasaran untuk Kabupaten Majalengka. Tetapi sebelumnya saya mau mencoba dulu pada sawah seluas 1.500 m2 untuk musim penghujan yang akan datang sekitar bulan Oktober 2011. Jika nanti hasilnya memuaskan kita harapkan para petani sekitarnya berminat menggunakan BSA. Syukur-syukur jika Ibu tidak keberatan untuk mengirim sampel produk BSA ke alamat saya : Drs. H. Sadri; Jl. KH. Abd. Halim No. 262 Majalengka, Jabar.Terima kasih atas perhatiannya.

    Reply
  • 4. luki2blog  |  August 24, 2011 at 5:37 am

    Salam kenal pak Drs.H Sadri
    Terima kasih sdh mampir di web blog saya …untuk menjawab pertanyaan bapak , kebetulan untuk daerah Cirebon sudah ada distributornya pak. coba bapak bisa membeli produknya kesana dengan pak budijanto no hp 0811 2421 768.
    Terima kasih
    Wassalam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 5. Dony  |  September 14, 2011 at 3:35 am

    Bu Dewi Numpang link yah….
    http://pupukanorganik.blogspot.com

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


July 2009
M T W T F S S
« Jun   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d bloggers like this: