ROSELLA

October 23, 2008 at 4:41 am 6 comments

Sudah banyak orang menulis tentang ROSELLA.  Mulai dari manfaatnya, isi kandungannya hingga cara pembudi-dayaannya.

ROSELLA dulu dikenal dengan nama FRAMBOZEN, ditemukan sebagai tanaman pagar dan masih kerabat “bunga sepatu”, dengan nama latin ” Hibiscus Sabdariffa ”  dan sekarang orang mengenalnya dengan nama Rosella.  Biasanya dimanfaatkan sebagai minuman seperti halnya bila membuat atau menyeduh teh.  Nah…jadilah sebutannya populer dengan nama  TEH  ROSELLLA.

MANFAAT dari ROSELLA  banyak yaitu : sebagai antioksidan, antibakteri, antiradang, antiseptik juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kekentalan darah, menstimulasi gerak peristaltik usus, melancarkan air seni (uretik), membasmi cacing (ontelmintic), menurunkan panas dan meluruhkan dahak.

ROSELLA adalah tanaman semusim, hanya mengalami 1 kali masa produktif.  Batang ROSELLA akan tumbh dari 1 titik tumbuh dan tumbuhnya relatif tinggi bisa mencapai 1-3 m, sedang lebarnya bisa mencapai 2 m. Dapat tumbuh disegala tempat baik dataran tinggi maupun dataran rendah dan akan optimal tumbuh dikisaran 20-34 derajat celcius.  Karena tanaman semusim, maka bila masa kembang telah berakhir harus diganti dengan tanaman ROSELLA yang baru agar dapat berproduksi kembali.

CARA MENANAM :

–  Siapkan lahan persemaian 1m x 1m , kemudian bila tanaman sudah berumur 1 bulan (15-20 cm)dapat di pindahkan ke lahan terbuka, bisa juga polibag atau pot dipakai sebagai penyiapan benih sampai umur 1 bulan.

–  Siapkan media tanam di lahan terbuka dengan membuat alur/bedengan setinggi 15-20 cm, kemudian di beri pupuk kompos (pupuk kandang) 2 kg/10 m2 dan terakhir buat jarak tanam 1×1 m.  Benih yang sudah berumur 1 bulan (15-20cm) siap dipindahkan dimedia tanam yang sudah dipersiapkan tadi.

PERAWATAN:

– Tanaman ROSELLA yang sudah berusia 1-2 bulan mulai di beri pupuk organik cair “Bio Super Active” yang disemprotkan ke batang dan daunnya saja setiap 2 minggu sekali dengan dosis 1/2 sdt (sendok teh) dalam 1 liter air.

–  Serangan hama dapat diatasi dengan ” Insektisida Alami “, tetapi ini sangat jarang terjadi.  Bila sudah dari awal menggunakan pupuk organik cair BSA (Bio Super Active).  Akan tetapi bila tanaman sudah terserang maka kita dapat menggunakan “Insektisida Alami” yang dapat kita buat sendiri dengan bahan-bahan sebagai berikut: * Daun Sambiloto ( Andrographidis paniculata )

* Daun  Mimba ( Azadirachta indica )

* 2 bahan ini di tumbuk ditambah air (100gr bahan dalam 5 lt air)

*  disaring, lalu disemprotkan ketanaman yang terserang 1minggu 1 kali.

–  Tanaman ROSELLA usia 3-4 bulan yaitu saat tanaman berbunga, hanya memerlukan air sedikit akan tetapi membutuhkan sinar matahari yang cukup,  ini berfungsi agar bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas bunga yang maksimum.

PANEN  DAN  PASCA  PANEN.

– ROSELLA ( kelopak bunga ROSELLA ) dapat mulai di panen bila biji telah tua (3-4 bulan) yaitu pada saat kulit pembungkus biji majemuk berwarna coklat dan sedikit terbuka/membelah.

– Pemetikan dilakukan dengan gunting karena kelopak sulit di petik dengan tangan dan agar batang juga tidak rusak.  Batangnya dapat di manfaatkan sebagai tali rami.

– Panen dilakukan 3-4 kali atau selang 1-2 minggu.

– Kelopak yang telah terkumpul dicuci dengan air bersih lalu dijemur selama 2-3 hari.

– Kelopak yang berkualitas akan memiliki aroma sitrus yang khas saat kering dan saat direndam dengan air mendidih 100 derajat celcius warna merah dan rasa asamnya cepat larut.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ROSELLA mempunyai kandungan yang kaya anti-oksidan, dimana zat aktif yang paling berperan di dalamnya adalah :Gossypetin,  Antosianin,  Glucoside hibiscin. Antosianin inilah yang memberikan warna merah (pigmen alami) pada seduhan kelopak bunga ROSELLA.  Sedangkan fungsi dari antioksidan sendiri adalah dapat menangkal kerusakan ginjal, diabetes , jantung korener sampai kanker.   Jadi memang manfaat ROSELLA sangat banyak…. so tunggu apalagi… siapkan  media tanam….mulai lah menanam tanaman ini…. percayalah sangat mudah menanamnya

*) Arahkan Kursor pada gambar untuk mengetahui detil gambar.

Entry filed under: Tips & Trik. Tags: .

VARIETAS PADI UNGGUL Madu

6 Comments Add your own

  • 1. Fika  |  December 6, 2008 at 2:08 pm

    ada lagi di literatur yang bagus dan lengkap tentang perkebunan bunga rosella di jatim. Silahkan buka di http://rosellamerah.wordpress.com/

    Reply
  • 2. luki2blog  |  December 9, 2008 at 4:23 am

    Terima kasih mbak fika udah mampir di web blog saya…. ya itu dia gunanya sharing… menambah wawasan dan saling melengkapi…..

    Reply
  • 3. Gio  |  May 25, 2010 at 5:46 am

    mau nanya neh…
    Saya iseng nanam rosella dari biji yang dikasih teman. Jujur saya masih awam dengan penanaman , pemeliharaan dsb.
    Tapi tumbuh juga dan berbunga.
    Pertanyaanya..
    Bunga yang dah mekar kenapa berwarna putih ya? apa memang jenisnya beda?
    Apa benar harus dipanen saat belum mekar? Terus bagaimana untuk mendapatkan bijinya kalau belum mekar?
    trima kasih

    Reply
  • 4. luki2blog  |  May 26, 2010 at 7:55 am

    Terima kasih sudah mampir di web blog saya

    memang benar bunganya ada 2 tergantung jenisnya untuk yang putih nanti menghasilkan kelopak ( bunga rosella yang di panen) warna merah dan yang merah menghasilakan warna kelopak hitam.

    Jadi prosesnya : rosella berbunga dulu biarkan saja nanti dia akan tumbuh sebagai kelopak …tunggu tua ..sampai bijinya hitam baru nanti kelopak di panen…nah yang dipanen itu kelopaknya

    Nah selamat menanam ….
    Terima kasih

    Reply
  • 5. katharina  |  April 20, 2014 at 4:57 pm

    Hallo! Setelah sy baca artikel di atas, sy semakin bersemangat utk menanam sendiri rosella di pekarangan rumah. Tetapi ada beberapa pertanyaan yg sy belum temukan jawabannya. yg menjadi masalah sy adalah:
    1. Mengapa rosella yg sy tanam tidak seluruhnya berwarna merah. Ada corak berwarna putih di bunga rosella yg sy tanam. Apakah ini normal, atau krn faktor media tanamnya, atau krn penyakit ya?
    2. Media tanam yg sy pakai adalah kotoran hewan yg sdh di proses, apakah ini sdh benar?
    Sy harap anda dpt membantu sy dgn memberikan info dan saran yg sy butuhkan. Besar harapan saya utk mendapatkan balasan.
    Terima kasih banyak.

    Reply
    • 6. luki2blog  |  April 21, 2014 at 6:36 am

      pertanyaan 1. bunga tidak berwarna merah semua ada juga yg putih itu normal …tetapi putik yg dipanen nanti akan merah semua ..coba perhatikan gambar paling atas terlihat berbunga putih bukan.

      pertanyaan 2. media tanam memakai kotoran hewan atau pupuk kandang sudah benar ..selingi nanti usia 7hari setiap 2minggu sekali dengan pupuk organik cairnya yang disemprot ke batang dan daunnya.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d bloggers like this: