Halaman Rumahku

May 10, 2008 at 2:36 pm 24 comments

Sebagai Produsen Pupuk Organik Cair ( POC ) dengan nama Merek Dagang ” BIO SUPER ACTIVE ” “BSA”, sudah semestinya aku mempunyai kebun sendiri untuk hasil experimenku dengan menggunakan pupuk organik cair ku ini.

Nah aku memanfaatkan halaman rumahku untuk menanam tanaman dari tanaman hias, tanaman buah-buahan ( hortikultura ), tanaman sayuran, tanaman obat2an sampai dengan tanaman langka. Sebahagian aku tanam di lahan, sebahagian lagi aku tanam di pot. Untuk penanaman di pot aku lakukan agar mudah dalam penanganannya ( handlingnya ).

Halaman rumahku sekarang penuh dengan tanaman hias mulai dari: Anthurium, Euphorbia, Adenium, Aglonema, macam-macam keladi, puring-puringan sampai tanaman bunga-bungaan seperti mawar, melati, lily, wijaya kusuma dan anggrek. Masih banyak yang lain. Ini semua sengaja aku buat dan pelihara sebagai etalaseku, dimana orang bisa melihat bahwa tanaman-tanaman ku tumbuh subur dan indah karena menggunakan pupuk organik cair “BIO SUPER ACTIVE”.

Adapun cara perawatannya sangat simpel dan sederhana tanpa harus setiap hari memberi pupuk macam-macam. Karena penggunaan pupuk BSA adalah ” SATU untuk SEMUA “. Kenapa aku katakan demikian karena komposisi pupuk BSA sudah lengkap dari adanya unsur hara Makro, hara Mikro sampai adanya ZPT ( Zat Pengatur Tumbuh Tanaman ). Dimana ini semua yang mengatur atau merangsang pertumbuhan dari akar, batang, daun , bunga dan buah. Jadi kita tak perlu repot-repot untuk memberikan perangsangan-perangsangan yang lain. Capek… deh… kalau harus pakai ini, pakai itu… he..he…he…

Ohya.. cara pemakaian penggunaaan pupuk BSA untuk tanaman hias adalah sebagai berikut : hanya dengan BSA sebanyak 1 cc s/d 2 cc dan dicairkan lagi ke dalam air sebanyak 1 liter, sudah memenuhi kebutuhan tanaman tersebut. Pupuk BSA disemprotkan hanya ke daun dan batangnya saja , tidak perlu ke medianya. ini dilakukan cukup 2 minggu sekali. dan pencairan 1 liter harus habis untuk sekali penyemprotan ( artinya harus habis untuk hari itu juga ). karena pupuk BSA ini adalah Organik jadi ya tidak bisa ditunda untuk besoknya. Sangat hemat bukan dengan penggunaan pupuk BSA ini. yang sangat menguntungkan adalah pupuk BSA ini tidak ada kadaluarsanya. jadi sangat..sangat.. menguntungkan, apalagi kalau kita sudah melihat hasilnya… kita akan selalu berucap ” Subhanaallah “. karena hasilnya sungguh menakjubkan. Silakan mencoba bila penasaran…

Sedangkan untuk buah-buahan ( hortikultura ) di halaman rumahku ada tanaman : mangga, rambutan bule, sawo, sukun, apel india, belimbing , jeruk, anggur, jambu biji merah, jambu biji kulit hitam, jambu jamaica, serikaya, dan yang tidak pernah berhenti berbuah adalah jambu mete juga kelapa yang sangat banyak manfaatnya dari akar sampai pucuk daunnya semua dapat dimanfaatkan maka ” pohon kelapa ” ini lah yang di pakai sebagai lambang dari pupuk BSA.

Nah untuk merawat pohon buah2an ini aku juga menggunakan pupuk BSA dengan dosis cukup 3 cc s/d 4 cc dan dicairkan lagi dengan 1 liter air. Ini disemprotkan ke batang dan daun nya saja setiap 1 minggu satu kali.

Saat sekarang yang terlihat dihalaman rumahku, yang sedang berbuah adalah tanaman jambu jamaica, tanaman ini berbuah dengan lebatnya, sedang menunggu proses pematangan.

Juga tanaman jambu mete yang sepanjang musim berbuah. Ada kejadian yang membuat aku harus kucing2an dengan codot eh kalong, karena aku harus bersaing dengan kalong ini. karena kalong ini memang pintar, buah yang masih setengah masak sudah digasak nya. sehingga ini membuat aku jadi sedikit kecewa. Maksud hati buah2an ini akan dijadikan ” petetan” biar bisa dilihat sebagai “etalase ” gitu lho…. la..ini kok sudah keduluan di santap si kalong itu he..he.. Akhirnya aku akalin dengan cara buah2ah sudah harus dibungkus plastik sejak jadi bakal buah. Alhamdulillah bisa aman sekarang. Memang pupuk BSA ini tidak mematikan musuh alami hanya menghindarkan saja sehingga siklus ekosistem dapat tetap berjalan dengan baik. Itulah salah satu fungsi organik yaitu ramah lingkungan.

Ohya seperti yang telah aku sebutkan diatas tadi bahwa halaman rumahku selain buah2an juga ada tanaman langka seperti : Tanaman A TIN, Meywha ( untuk tanaman ini harga nya juga cukup menjajanjikan lo bisa sampai jutaan seperti tanaman anthurium, ini kata para pehobis lo ). Selain itu halaman rumahku juga diisi dengan tanaman obat2an seperti : Sirih merah, sirih hitam, binahong, daun dewa (sambung nyawa), daun dewi, kumis kucing, sambiloto dan rossela yang lagi booming ini, semua ini dapat dipakai atau bermanfaat untuk kesehatan.

Nah..itu tadi tanaman2 yang ada di halaman rumahku. Semua aku rawat dengan penuh kasih sayang sehingga hasilnya juga dapat memuaskan. Tanaman2 ini aku rawat dengan menggunakan pupuk organik dari medianya yang menggunakan pupuk kompos, sampai pertumbuhannya aku beri POC BSA dan untuk hamanya aku beri Insektisida alami ( organik ) yang semua ini aku produksi sendiri. Bila ada yang berminat dengan produk-produk organik ini silakan dapat mampir ke Halaman Rumah ku.

Berikut contoh-contoh koleksiku :

(Apel India)

(Buah Atin)

(Bunga Lili)

(Bunga Jambu Jamaika)

(Wijaya Kusuma)

About these ads

Entry filed under: Cerita Saya. Tags: .

APA ITU PUPUK ANORGANIK, APA ITU PUPUK ORGANIK , APA ITU PUPUK BERIMBANG. PUPUK KOMPOS

24 Comments Add your own

  • 1. irwanhermansyah  |  May 17, 2008 at 1:38 pm

    Wah gambarnya cantik2……….

    Reply
  • 2. buti  |  May 26, 2008 at 10:42 am

    waaaaahhh…………………ma luki bunga lili nya bagus deehh…^~^

    Reply
  • 3. satrio  |  June 2, 2008 at 7:35 am

    Mbak Dewi..seandainya deket rumahmu :
    1. pengen aku kerja sambilan ketempatmu SABTU & MINGGU, ga usah digaji, asal bisa ngeliat bunga koleksimu itu ama cara ngerawatnya.

    2. aku punya Lily bagus sebenarnya, dia sekali bunga bisa 3 tangkai (awal belinya dulu) bunganya besar banget mbak warnanya : merah hati ada titik-2 kuning dan putih kelopaknya tapi aku ga ngerti lagi harus kuapain ga mau berbunga lagi sejak 2 tahun yang lalu, udah tak kasih decastar ga ngaruh, pake green 20 : 20 : 20 sama juga, yang gemuk malah daunnya, media Lily ku saat ini kompos murni, tadi malem juga udah kupangkas total semua daunnya harapakan ku dia mo bunga, tolong bagi advisnya.

    3. BIO SUPER ACTIVE & POC BSA – mu, belinya dimana, berapa harga per kalengnya, terus untuk rangsang akar masak cuman daun ama batangnya Mbak, itu bener ???.

    4. bisakah BSA – mu untuk anggrek ama yang laen ??

    Makasih ya Mbak Dewi…kudoakan hidup dan harimu dirahmati & diridhoi ama Allah SWT, amin.

    Reply
  • 4. satrio  |  June 2, 2008 at 7:36 am

    mbak Dewi tadi salah alamat emailku yang bener : satriojatim@yahoo.co.id makasih

    Reply
  • 5. luki2blog  |  June 2, 2008 at 9:18 am

    Yth pak satrio, terima kasih lo udah mampir ke blog saya…silakan saja bila mau melihat “halaman rumah”ku… Untuk pertanyaan no 2. itu sudah benar pak daunnya sudah di kurangi dan media juga harus bagus artinya sdh lengkap kebutuhan tanaman akan haranya. yang penting tetap porous dan cukup hara… nah selanjutnya tinggal pemberian pupuk BSA 2 minggu 1x dengan dosis 1/2 sendok teh per 1liter air. InsyaAllah bunga Lilinya nantikan rajin berkembang… amin…
    Pertanyaan no 3. pak satrio tinggal dimana.. bila di Jkt bisa langsung ke kantor kami jalan Radio Dalam no.7b Jakarta Selatan. untuk 500 ml harganya Rp 42 500, untuk yang 1lt harganya Rp 65 000.
    Mengenai rangsang akar , ini bisa dilihat waktu anggrek saya sudah sekarat saya semprot pupuk BSA 2 x Alhamdulillah ternyata dapat tumbuh tunas yang baru.
    Pertanyaan no 4. Pupuk BSA dapat di aplikasikan ke semua jenis tanaman dari tanaman hias sampai tanaman keras. jadi untuk anggrek ya termasuk .. asal aplikasi dan dosisnya tepat ya pak.
    Bila penasaran silakan mencoba pak.. dan semoga sukses untuk bapak ..

    Reply
  • 6. Kang Yayan  |  September 5, 2008 at 2:47 am

    Wah heboh mba dewi bunganya tuh deh bikin ngiler bagusss
    Oh ya BSA itu bahannya dari apa? Aku dirumah bikin pupuk cair dari bahan buah2an. Tanamanku hanya yang biasa2 saja tapi hijau2 sih lebih bagus dari yang tetangga punya. Pupuk cairku sekarang dipakai untuk bioaktivaktor pengolahan sampah dan pupuk tanaman, sebagian aku bagi-bagikan ke teman. Mba dew kalau boleh cara bikin BSA send ke emailku?(rahasia x yah mba).
    Satu lagi mba dew wijaya kusuma itu cuma satu malam aja yah mekar bunganya? besoknya langsung layu?

    Reply
  • 7. luki2blog  |  September 8, 2008 at 4:19 am

    Terima kasih .. kang Yayan, Wah.. kita saingan nih.. sama2 mbuat POC (Pupuk Organik Cair), tapi kalau BSA (Bio Super Active) dibuat dari bahan umbi2an segar. Untuk cara membuatnya terus terang itu yang bertanggung jawab bagian produksi, saya sendiri tidak menguasai cara pembuatannya.
    Apa kang Yayan sudah pernah tau pupuk BSA. maksud saya mengenalnya? Perusahaan kami memproduksi 2 produk yang 1 adalah POC dan yang ke2 adalah Decomposer. nah decomposer inilah yang dipakai sebagai aktivator untuk pembuatan pupuk kompos dan juga berfungsi sebagai pengolahan tanah yang sudah jenuh dengan penggunaan pupuk anorganik (kimia).
    Untuk Wijaya kusuma .. benar kang hanya 1 hari atau semalam berbunganya setelah itu layu dan gugur. dan Wijaya kusuma ini ada 2 jenis . yang kembang tengah malam dan kembang pagi hari yang pagi hari ini ukuran tanamannya kecil bila berbunga bisa lebih dari satu kuntum.untuk yang tengah malam lebih besar dan biasanya hanya satu kuntum saja.

    Reply
  • 8. handrijanto  |  December 20, 2008 at 8:11 am

    mbak dewi saya sangat tertarik pada pupuk organik anda, apa anda punya katalog POC dan Decomposer untuk saya pelajari

    Reply
  • 9. luki2blog  |  December 22, 2008 at 5:25 am

    Terima kasih pak Handrijanto telah mampir di web blog saya… tentang katalog poc dan Decomposer BSA ada pak….. dapat bapak pelajari….. akan saya emailkan.
    Apalagi kalau bapak dapat mampir ke kantor kami… buku pintarnya bisa di peroleh.

    Reply
  • 10. amien  |  April 15, 2009 at 7:11 am

    mbak saya baru beli pohon jambu jamaika…..kapan saya harus mulai kasih pupuk untuk bisa berbunga dan pupuk apa?dimana saya bisa mendapatkan

    Reply
  • 11. luki2blog  |  April 15, 2009 at 8:13 am

    Terima kasih pak amin … sudah mampir di web blog saya.. …

    Jambu jamaica sudah dapat mulai di pupuk BSA besok bila tetap di wadah tabu lampot.. tetapi bila tanaman akan di pindah ke tanah maka tolong media di beri pupuk kompos dahulu biarkan 1 minggu supaya beradaptasi dulu.

    Baru minggu depan di semprot dengan pupuk BSA … dengan dosis 1 sdt/ lt air dilakukan 1 minggu 1 x. Dan nyemprotnya hanya kenakan ke batang dan daunnya saja terutama balik daun ya…. karena stomata (mulut daun) ada disana.

    Bila bapak amin belum jelas …setiap jumat kami ada di “Pasar Tani” yang di selenggarakan oleh Deptan untuk mendapatkan Pupuk BSA ini . Atau datang saja ke kantor kami jalan Radio Dalam no 7 b Jakarta Selatan. bapak bisa membelinya disana….
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 12. arifin syah  |  June 11, 2009 at 3:37 pm

    Salam kenal ya buat mba dewi dan sekalian mo sering tentang tanaman buah, kapan sih saatnya kalau pohon buah nangka mini dan pohon buah anggur kita beri bubuk NPK, karena kami baru saja menanamnya tgl 06 juni 2009 serta bisa berbuah gak ya kalau tanamnya didalam pot yang berdiameter 60 cm.
    keldisyah@yahoo.co.id

    Reply
  • 13. luki2blog  |  June 15, 2009 at 5:11 am

    Salam kenal juga pak arifin… terima kasih sudah mampir di web blog saya dan maaf bila telat membalasnya ….

    Akan saya coba jawab pak:
    Pemberian pupuk NPK di berikan pada saat penanaman tanaman usia 7 HST (Hari Setelah Tanam) …. selanjutnya kita menggunakan pupuk organik cair (POC) usia 14 HST. Penyemprotan POC dilakukan setiap 1 minggu sekali. dengan dosis sesuai aturan.
    POC hanya di semprotkan ke batang dan daun nya saja.

    Usaha kan media selalu dalam keadaan gembur dengan memberikan pupuk kandang / kompos 1 tahun dua kali, agar perakar semakin kuat

    Untuk tanaman buah yang diletakkan di pot ukuran diameter 60 cm … bisa saja berbuah … bila :
    1. kebutuhan akan hara untuk tanaman terpenuhi …. artinya tanaman kecukupan atas gizinya (jadi pemupukan harus rutin sesuai kebutuhan dan dosisnya). termasuk di dalamnya adalah media tanam yang tepat .
    2. bibit yang digunakan adalah bibit yang unggul dan baik serta sudah matang …artinya siap dalam fase generatif.
    3. OPT (organisme Pengganggu Tanaman) dapat dikendalikan .
    4.Jenis tanaman harus sesuai dengan ketinggian tempat … termasuk suhu dan kecukupan akan sinar matahari…

    Bila ini semua dapat terpenuhi Insya Allah tanaman di tabu lampot kan dapat berbuah.

    Sebagai informasi …kami mempunyai pupuk organik cair …yaitu pupuk BSA yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman buah2an…. bila pemakaiannya rutin dan sesuai dosis Insya Allah dapat menjadikan tan buah2an kita berbuah dengan subur.

    Nah …pak Arifin … selamat mencoba …semoga berhasil… Oh ya kami akan buka stand di pameran FLONA Lapangan Banteng tgl 18 juli s/d 18 agustus 2009 .
    Silakan datang bila hendak berkonsultasi .
    Terima kasih
    Salam

    Reply
  • 14. Dwi setyaningsih  |  December 15, 2009 at 9:57 am

    salam kenal dari aku, tu bunga wijaya kusuma ea. og tu bisa berbunga disiang hari ea?????
    karena selama ini aku hanya bisa melihat mekarnya pada malam hari tupun jam 00.00, bagus buangets deh pokoe bunga tu
    mksh

    Reply
  • 15. luki2blog  |  December 16, 2009 at 5:18 am

    Salam kenal juga mbak dwi

    Benar foto tsb adalah bunga wijaya kusuma yang tumbuh nya siang hari … kebetulan hari ini dihalaman rumah saya sedang berbunga banyak-banyaknya…. dan akan layu sore harinya ..jadi hanya tahan setengah sampai satu hari saja….. tetapi bunga ini terus menerus berbunga tanpa ada musim…. indah bukan? apalagi bila dirawat dan di beri pupuk akan semakin indah dan sehat…..
    Selamat menikmati

    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 16. Gendut  |  December 23, 2009 at 9:11 am

    Mbak Dewi, saya sangat tertarik dengan POC mbak, tapi saya sekarang tinggal di Banjarmasin. Apa di Banjarmasin ada dijual Produk mbak Dewi. atau gimana caranya saya mendapatkan POC BSA mbak Dewi. Trims

    Reply
  • 17. luki2blog  |  December 25, 2009 at 10:12 am

    Msa gendut … terima kasih sudah mampir di web blog saya…

    Untuk mendapatkan POC BSA dapat langsung kami kirimkan ke alamat mas gendut …tapi memang ada batas minimal … karena di banjarmasin belum ada distributornya..

    kami akan memberikan potongan yang menarik serta biaya pengiriman kami yang menanggung.
    Silakan menghubungi kantor kami 021 726 2000 atau 021 726 8000 contack person .Dewi Lukitaningsih.

    Terima Kasih
    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 18. luki2blog  |  December 29, 2009 at 6:53 am

    Salam mas gendut

    Ternyata di Banjarmasin sudah ada distributornya….. silakan menghubungi Bapak Iskak no HP 08125191680.
    Terima Kasih

    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 19. hadi  |  January 1, 2010 at 2:58 pm

    tanaman saya tidak pernah bagus.banyak penghisapdaun.terus mati.apalagi tomat.sdh semprot obat apa aja.tapi tak pernah mati.
    obat apa yang paling efektif/

    Reply
  • 20. luki2blog  |  January 4, 2010 at 3:50 am

    Terima kasih pak hadi sudah mampir di web blog saya.

    Untuk masalah yg bapak hadapi coba dilihat dulu keadaan tanahnya pak, mungkin tanahnya atau pun tanamannya sudah jenuh dengan unsur kimia sehingga meskipun diberantas dengan berbagai anti hama tidak mempan…dan tanamanpun tumbuhnya kurang bagus karena terserang penyakit.

    Sebaiknya dimulai lagi dengan pengolahan tanah yang baik, tanah digemburkan terlebih dahulu kemudian diberikan pupuk kompos ( pemberian pupuk kompos dilakukan 6 bulan 1x)..baru kita mulai menanam tanamannya.
    Tanaman usia seminggu sudah mulai di semprot dengan menggunakan poc (pupuk organik cair) BSA sesuai dosis. dan ini dilakukan rutin 2 minggu 1x untuk tanaman hias dan sayuran. Sedangkan untuk buah2an dilakukan penyemprotan 1 minggu 1x dengan dosis hanya 1 sendok teh saja dan dicairkan dalam 1liter air … sangat hemat.

    Di dalam POC BSA sudah terkandung anti biotik alami dimana terdapat bahan-bahan umbi2 an segar yaitu sereh, gadung dan kunyit … bahan2 ini semua berfungsi untuk mencegah tanaman terserang penyakit.

    Jadi bila sejak awal kita sudah menggunakan pupuk BSA ini dan dalam pengelolalan tanahnya juga sudah baik dan benar di tambah lagi memakai bibit yang unggul…. Insya Allah yang namanya musuh alami tidak akan menyerang tanaman kita ini.

    Kami adalah produsen pupuk organik … prinsip dari organik adalah tidak membunuh musuh alami hanya menghindarkan saja sehingga ekosistem pun masih tetap dapat berjalan.

    Saya rasa itu yang dapat saya sampaikan …
    Selamat mencoba pak
    Terima kasih

    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
    • 21. setyo prabowo  |  April 7, 2011 at 6:11 am

      mba saya mo tanya,bisakah pohon kelapa yang ditanam dipot berbuah,pohon itu udah saya tanam hampir 15 tahun,kayunya skitar 30 cm .mohon di jawab,thanks

      Reply
  • 22. luki2blog  |  April 7, 2011 at 6:31 am

    Terima kasih mas setyo ..sudah berkunjung di web blog saya.
    tentang pohon kelapa yang di tabu lampotkan …saya rasa untuk berbuah tentu kita harus melihat bibitnya juga apakah tan ini dengan bibit hibrida yang di usia muda sdh bisa berbuah ? terus tentang perawatannya ….gizinya …apa semua sudah memenuhi kebutuhan hara atas tan tsb. kalau blm mencukupi hanya cukup unt pertumbhan saja saya rasa ya ngga akan berbuah… maka tempat potnya juga harus besar kalau idealnya drum atau pot yang besar. …sehingga pemenuhan akan hara NPK makro dan mikronya bisa terpenuhi.
    Terima kasih
    Salam
    Dewi lukitaningsih

    Reply
  • 23. hidayat  |  April 11, 2011 at 10:11 am

    bu dewi yang terhomat sebelumnya saya minta ijin untuk bergabung yang saya ingin tanyakan bagaimana cara membuat pupuk organik cair untuk padi? kalau ada berapa no tlp yang bisa saya hubungi sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
    salam
    hidayat

    Reply
  • 24. luki2blog  |  April 12, 2011 at 3:05 am

    Terima kasih pak hidayat sdh mampir di web blog saya …mengenai pertanyaan bapak …kami adalah produsen pupuk organik yang aplikasinya dpt di pakai unt semua jenis tanaman termasuk tanaman padi… kami hanya menjual produk pupuk nya pak .silakan bila berminat untuk pemesanan produk dapat menghubungi kami di 0811848775.

    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


May 2008
M T W T F S S
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: