APA ITU PUPUK ANORGANIK, APA ITU PUPUK ORGANIK , APA ITU PUPUK BERIMBANG.

May 10, 2008 at 3:02 am 34 comments

Sebagai orang yang bergerak di bidang pupuk, dengan sendirinya aku harus bisa memahami apa itu pupuk organik, pupuk anorganik, maupun apa yang disebut pupuk berimbang.

Secara harafiah :

  • Pupuk Anorganik : Pupuk hasil proses rekayasa secara kimia, fisik dan atau biologis dan merupakan hasil industri atau pabrik pembuat pupuk.

  • Pupuk Organik : Pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari bahan organik yang berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat dibentuk padat atau cair yang digunakan untuk mensuplai bahan organik, memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

  • Pupuk Berimbang : Memberikan pupuk anorganik ataupun pupuk organik sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman berdasar hasil analisa tanah tersebut. Disini dibutuhkan adanya “Soil Test Kit” untuk menganalisa tanah. Ex: Apabila tanaman membutuhkan Nitrogen 250 gr dan tersedia di dalam tanah hanya 100 gr, maka sisa itulah yang harus diberikan. Bahwa pada dasarnya tanah mempunyai spesifikasi tertentu, maka teknologi pemupukan berimbang serta penggunaan “Soil Test Kit” dapat membantu petani dalam menggarap lahannya secara efisien

Supaya lebih jelas aku gambarkan saja bagan yang aku kutip dari “Buletin Berkala Pupuk” no:2.
Dengan judul PENGELOMPOKAN BAHAN PENYUBUR TANAH DAN TANAMAN (Sri Adiningsih).

Inilah bagan dari keseluruhan pengelompokan pupuk2 baik anorganik maupun organik.
untuk kesempatan yang lain akan aku coba tampilkan Pupuk Kompos, Pupuk Kandang, maupun Pupuk Organik Cair.

About these ads

Entry filed under: Tips & Trik. Tags: .

LAHIRNYA BLOGKU Halaman Rumahku

34 Comments Add your own

  • 1. erick13  |  March 13, 2009 at 3:29 pm

    wah wah.. terimakasih postingannya ya.. bermanfaat banget.. maturnuwun..

    Reply
  • 2. luki2blog  |  March 14, 2009 at 4:23 am

    Alhamdulillah pak …bila bermanfaat saya sangat senang…. dan terima kasih juga telah mampir di web blog saya…..

    Reply
  • 3. Ronee  |  April 27, 2009 at 8:03 am

    Mohon dikirimkan artikel yg berkaitan dg arah penelitian saya yang berjudul “kajian peran pupuk organik cair bio super active terhadap penggunaan pupuk Anorganik pada tanaman jagung manis”. Thanks_mhsw budidaya pertanian Unram.

    Reply
  • 4. Ronee  |  April 27, 2009 at 8:04 am

    Minta dong,

    Reply
  • 5. luki2blog  |  April 28, 2009 at 4:07 am

    Terima kasih telah mampir di web blog saya …

    Tentang penggunaan POC Bio Super Active (BSA) terhadap tanaman jagung yang dihub dengan pupuk anorganik bisa saya jelaskan sbb:

    POC BSA dapat mengurangi penggunaan pupuk anorganik (pupuk dasar) hingga 50% dengan mengkombinasikan POC BSA sebanyak 3 s/d 4 liter/ha saja.

    Langkah2 aplikasinya sbb:
    1.Pengolahan tanah dilakukan dengan pemberian pupuk kompos (granul)
    2. benih di tanam
    3 pemupukan dengan pupuk dasar an organik dilakukan pada saat tanaman berumur 7 dan 30 hst (hari setelah tanam) dengan pengurangan sebanyak 50% dari biasa digunakan oleh petani…. (disini bisa terlihat sudut ekonomisnya …. dapat hemat karena bisa mengurangi biaya produksi …)
    4. penyemprotan pertama dengan POC BSA pada saat tanaman berumur 20 hst dengan dosis 3 cc / 1lt air
    5. Penyemprotan ke dua dengan POC BSA pada saat tanaman berumur 45 hst dengan dosis 3 cc/ 1liter air.
    6. Penyemprotan ke tiga dengan POC BSA pada saat tanaman berumur 60 hst dengan dosis 3 cc / 1liter air

    Catatan :
    - cara menyemprotnya dgn notsel yang terkecil (berkabut) dikenakan ke daun dan batangnya saja utamakan balik daun , karena stomata ada dibalik daun.

    - Jangan menyemprot pada saat tanaman sedang berbunga untuk menghindarkan gugurnya sari bunga.

    - Pemupukan di atas disesuaikan dengan keadaan tanah dan kondisi tanaman/ wilayah …
    artinya bila keadaan tanah sudah jenuh dengann pupuk kimia tentu kita harus mengolahnya dengan menggunakan decomposer dan mengetest tanah dengan memberikan pupuk berimbang….. agar lahan siap tanam dengan kualitas hara yang mencukupi.

    Begitu pula dalam serangan hama …bila sejak awal kita menggunakan POC BSA Insya ALLah tidak akan terkena penyakit …karena fungsi dari POC BSA juga dapat mencegah penyakit meski tidak membunuh musuh alami …jadi siklus ekosistem tetap berjalan.

    Bila sudah terserang penyakit … POC BSA dapat digunakan bersamaan dengan cairan lain (insektisida) untuk memberantasnya … dan ini tidak ada efek samping.

    Saya rasa semetara ini yang dapat saya sampaikan .
    Terima kasih
    Salam..
    Dewi Lukitaningsih.

    Reply
  • 6. Pirly  |  May 8, 2009 at 1:19 pm

    Gimana C caranaya menbuat pupuk TSP/SP-36/SP ?

    Reply
  • 7. luki2blog  |  May 13, 2009 at 7:06 am

    Terima kasih pak pirly sudah mampir di web blog saya….. untuk pertanyaannya…. mohon maaf saya tidak bisa menjawabnya. karena saya bukan produsen pupuk kimia …… jadi mungkin bisa bertanya ke pabrik2 pupuk kimia seperti petro kimia, pupuk sriwijaya atau yang lain2…..

    Reply
  • 8. Dian  |  May 15, 2009 at 2:22 am

    assalamu’alaikum mbak….sy penasaran dengan bahan2 yang di pakai untuk membuat pupuk BSa ini. bsa di jelasin gak bahan2 nya?

    Reply
  • 9. luki2blog  |  May 18, 2009 at 3:45 am

    Terima kasih mbak dian sudah mampir di web blog saya….
    Pupuk BSA di buat dari bahan2 umbi2an yang segar dan berkualitas …. apa saja yang terkandung di dalamnya …. yaitu ada Gadung, Kunyit dan Sereh ….. tiga unsur ini sebagai anti biotik alami …. jadi selain BSA ini adalah pupuk juga dapat berfungsi untuk mencegah musuh alami …. ingat bukan mengobati tetapi mencegah ….. sehingga proses ekosistem tetap berjalan alias ramah lingkungan…..

    Selain itu pupuk BSA masih ditambah juga dengan minyak ikan dan susu …. jadi memang lengkap 4 sehat lima sempurna …..
    bahan 2 ini semua di ramu … difermentasikan …..menjadilah pupuk organik cair yang komposisinya seimbang dimana unsur makro …. mikro …. sudah terdapat di dalam nya masih lagi ditambahkan hormon2 pertumbuhan (ZPT) jadi kloplah ….

    Nah … kalau penasaran …. silakan mencoba …..

    Reply
  • 10. Suryadin  |  May 29, 2009 at 5:53 am

    Terima kasih. Postingnya sangat membantu pekerjaan saya sebagai penyuluh pertanian di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

    Reply
  • 11. luki2blog  |  May 30, 2009 at 5:45 am

    Alhamdulillah pak Suryadin bila bermanfaat …… terima kasih kembali …..

    Reply
  • 12. Winny  |  October 12, 2009 at 1:05 pm

    Bisa ga saya dibantu membuat pupuk cair dari urine sapi?
    Saya pernah baca di trubus bunga matahari mexico sangat bagus untuk pupuk organik, bisa diajarin cara buatnya?
    Saya bertani padi sejak 3 tahun yang lalu, bagaimana caranya saya bisa tahu bahwa tanaman padi saya sudah tidak tercemar lagi dengan bahan kimiawi? Klo ke laboratorium harganya pasti mahal.
    Trimakasih atas bantuannya.

    Reply
  • 13. luki2blog  |  October 13, 2009 at 6:08 am

    salam mbak winny,

    untuk masalah pembuatan POC dari urine sapi …maaf kami tidak bisa membantunya karena produk kami dibuat bukan dari urine sapi , tetapi kalau untuk sekedar referensi memanfaatkan urine sapi di web blog saya ini ada tulisan dengan judul “Pestisida Hewani” dengan menggunakan urine sapi coba di browsing saja.

    untuk masalah padi apa tercemar, nah saya akan bertanya dulu apa selama 3 thn ini mmg menggunakan pupuk , pestisida semua dari organik? juga masalah pengolahan tanah apa menggunakan kompos, decomposer? dan yang terakhir apa juga masalah penanaman dan pengairan benar2 terbebas dari bahan2 kimia.
    Nah …bila ini masih tercampur tentunya tanaman padi masih tercemar bahan kimia. memang melakukan penanaman dengan cara organik murni masih sangat sulit karena lingkungan sekitarnya masih menggunakan bahan2 kimia.

    Memang sebaiknya untuk lebih akurat di lab. kan saja bila ingin mengetahui hasilnya. saya rasa tidak mahal untuk biayanya. bisa di lab IPB, Sucofindo maupun BP Padi Sukamandi Subang.

    Terima kasih
    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 14. suyanto  |  February 3, 2010 at 1:52 am

    Bagaimana ukuran / pemakaian pupuk berimbang baik dengan organik atau unorganik, menurut mba dewi
    saya dari Indramayu

    Reply
  • 15. luki2blog  |  February 3, 2010 at 5:14 am

    Terima kasih pak suyanto sudah mampir di web blog saya..

    Seperti yang sudah saya tuliskan di atas untuk pupuk berimbang….tentu saja kita perlu men-test dulu bila memang sudah ada kandungan di tanah untuk NPK nya ada 150 gr … maka tinggal sisanya saja yang kita tambahkan sesuai dengan kebutuhan dari tanamannya.
    karena bila berlebihan dalam pemberian pupuk anorganik pun akan mubazir dan tidak termanfaatkan malahan akan membuat tanah semakin jenuh dan ini akan berakibat tanamanpun mudah terserang penyakit …karena tanaman tidak tumbuh dengan baik dan sehat…
    Maka penggunaan pupuk organik sangat disarankan untuk menumbuhkan hara2 yang ada pada tanah alias memperbaiki struktur tanah….selain mudah dan murah karena semua bahan ada dilahan pertanian sekaligus ini dapat menselaraskan alam…ramah lingkungan dan ekosistem tetap berjalan ..semua termanfaatkan mulai jerami yang diolah menjadi pupuk organik sebagai pembenah tanah dan dapat mengikat N …jadi sebaiknya jerami tidak di bakar tetapi dikembalikan lagi (diolah) kedalam lahan untuk pupuk kompos….

    Untuk Aplikasi jerami menjadi kompos dilahan persawahan per Ha :
    - Pada lahan yang belum diolah jerami di hamparkan tipis-tipis setebal +/- 5 Cm
    - Airi sawah yang telah di hamparkan jerami selama 3 hari
    - Setelah 3 hari keringkan lahan hingga macak-macak kemudian taburkan urea sebanyak 15 kg secara merata, beri pupuk kandang atau kompos yang sudah jadi
    - Semprotkan Dekomposer (activator) untuk mempercepat penghancuran jerami 2liter /ha, diamkan selama 1 minggu baru dilakukan pembajakan .

    Nah saya rasa itu yang dapat saya sampaikan
    Semoga bermanfaat
    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
    • 16. suyanto  |  February 14, 2010 at 3:35 am

      Terima kasih atas penjelasan mba dewi yg panjang lebar dan jelas pula.
      sekarang yg lg saya targetkan adalah minimal 7 ton/ha ( kondisi lahan/tanah bagus) , dengan pupuk berimbang. Mg2 dengan tambahan pupuk organik cair, bs mendongkrang / menambah produksi menjadi > 7 ton/ha. mg2…..

      Reply
  • 17. luki2blog  |  February 15, 2010 at 4:31 am

    Benar pak suyanto… kalau sudah semua bagus ..tinggal berdoa ya pak…Insya Allah tercapai…. bahkan siapa tau dapat melebihi 7 ton/ ha….

    Selamat bekerja pak…. sukses selalu ….

    Reply
  • 18. stefanus  |  April 19, 2010 at 1:43 pm

    Saya ingin meminta bahan teori tentang pupuk anorganik lebih jauh lagi, untuk digunakan di tempat kuliah, bisakah bu Dewi membantu saya. Jika ibu mengetahui artikel tentang pupuk anorganik tsb, di alamat web mana saya bisa mendapatkannya? tolong dikirimkan via e-mail. Terimakasih atas blog yang anda buat.

    Reply
  • 19. luki2blog  |  April 20, 2010 at 2:39 am

    Salam kenal pak stefanus

    Untuk masalah teori pupuk anorganik silakan browsing di ibu Sri Adiningsih …bagan tersebut saya kutip dari beliau …
    semoga bermanfaat

    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 20. hendro bwoso  |  August 8, 2010 at 4:36 am

    mohon bantuannya, bagaimana saya bs tau unsur N,P,K yg ada di lahan pertanian saya? apa ada alatnya yg dijual dipasaran?

    Reply
  • 21. Kancil  |  August 8, 2010 at 9:24 am

    wah..makasih banyak atas infonya, Mbak..
    sangat membantu..
    hehe :D

    Reply
  • 22. luki2blog  |  August 9, 2010 at 3:41 am

    Untuk pak hendro dan pak kancil terima kasih sudah mampir di web blog saya.
    @pak hendro : untuk mengetahui unsur NPK di lahan bapak dapat menggunakan alat pengukur tanah… coba tanyakan PPL nya apa punya alat tersebut . kalau tidak bapak bisa membelinya di toko alat2 pertanian atau alat laboratorium.
    Terima Kasih.

    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 23. vio  |  August 9, 2010 at 6:16 am

    salam kenal, untuk tanaman padi brp bnyak unsur N,P & K yg dibutuhkan, apakah sama untuk setiap varietas. Trims . . . .

    Reply
  • 24. luki2blog  |  August 9, 2010 at 7:16 am

    Salam kenal juga vio
    Untuk semua tanaman …banyaknya unsur NPK yang di butuhkan tergantung dari tanah /lahan yang akan di gunakan.begitu juga dengan padi. Jadi perlu di test dulu . gunakan pupuk berimbang agar tanaman tumbuh dengan baik dan sehat.
    Kebutuhan NPK pada padi ada tahap2annya
    - usia 1-14 hst : gunakan NPK: 20- 30 kg/ha
    - usia primodia : N :75 kg/ha
    K : 5- 15 kg/ha.
    Terima kasih
    Salam
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 25. kriting  |  January 5, 2011 at 12:25 pm

    malam bk dewi.
    Saya mau nanya saya petani coklat pupuk apa yg paling cocok digunakan mengingat daerah saya curah ujan nya cukup tinggi.

    Reply
  • 26. luki2blog  |  January 6, 2011 at 7:10 am

    Karena saya produsen pupuk BSA maka saya ya sarankan dengan menggunakan pupuk BSA ini… karena BSA juga sangat cocok untuk tanaman coklat. Soal curah hujan tinggi bisa diatur cara penyemprotannya. yang penting 1 jam sebelum hujan datang tidak perlu mengulang menyemprot. TKS

    Reply
  • 27. kriting  |  January 6, 2011 at 2:06 pm

    tks atas infonya,kalau dibali ,dimana bisa saya dapatkan ppk tsb?

    Reply
  • 28. rosameri  |  April 28, 2011 at 8:40 am

    dijual kah bio super activenya? kalau ya brapa harga per botolnya (brapa mili)? tks

    Reply
  • 29. luki2blog  |  May 2, 2011 at 4:42 am

    Benar pupuk BSA (Bio Super Active) di jual untuk umum
    Harga per botol :- 1lt @ Rp 65 000
    – 500 ml @ Rp 40 000.
    Silakan dpt menghubungi di 0811 848 775

    Terima Kasih
    Dewi Lukitaningsih

    Reply
  • 30. dietha  |  July 27, 2012 at 7:48 am

    itu sangat lah berguna

    Reply
  • 31. Diqa  |  February 4, 2013 at 11:30 pm

    Apakah syarat pupuk organik? Apakah kandungan pupuk organik yang belum mencapai btas optimal seperti N 5%-6% namun bhan yg d gunakan pure bhan organik, apakah tetap bisa disebut pupuk organik? Terima Kasih

    Reply
  • 32. salmono  |  July 13, 2013 at 8:53 am

    pupuk yg bagus buat pohon durian biar cepet buah ap bu?

    Reply
    • 33. luki2blog  |  July 15, 2013 at 3:50 am

      Pupuk yang unsur makro dan mikro nya seimbang ditambah lagi di dalamnya terkandung ZPT (Zat perangsang tumbuhan) dan hormon yang lainnya …saat ini ada Pupuk BSA (organik) yang mampu membuat tanaman tumbuh sehat dan cepat berbuah termasuk pohon durian silakan hub kami di 0811 848 775 ( via sms)

      Reply
  • 34. luki2blog  |  December 27, 2012 at 8:55 am

    silakan bisa browsing ya di internet

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


May 2008
M T W T F S S
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: